Senin, 28 November 2011

Bisnis Warnet

Bab 1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang

Di zaman yang modern seperti sekarang ini, kemajuan teknologi semakin canggih. Apalagi seiring dengan munculnya berbagai kemudahan untuk mengakses berbagai informasi, seperti adanya internet. Internet sangat bermanfaat untuk masyarakat dunia, sebab dengan adanya internet semua informasi dapat kita peroleh, ibarat kata internet ada di ujung jari. Jadi sekali kita sentuh tombol di komputer berbagai informasi bisa kita dapat dengan mudah.Maka dari itu hampir semua masyarakat dunia, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang yang sudah lanjut usia, mereka semua menggunakkan internet. Internet di zaman sekarang ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat dunia. Oleh sebab itu, banyak orang yang menyediakan jasa pelayanan internet atau yang lebih sering dikenal BISNIS WARNET (Warung Internet). Perkembangan bisnis warnet sekarang ini, sudah berkembang dengan pesat, hal ini disebabkan tuntutan kemajuan teknologi. Hampir semua informasi, mulai dari informasi tentang pemerintahan, ekonomi negara maupun dunia, berita-berita tentang negara lain dan masih banyak lagi, hampir semau informasi itu bisa kita dapatkan melalui internet. Maka dari itu banyak orang yang menggunakkan internet, hal ini berdampak pada berkembangnya usaha internet (Bisnis Warnet). Bisnis warnet seseorang bisa maju dan sukses karena pengelolaan dan manajemennya yang baik. Hampir di setiap daerah khususnya di Indonesia sudah banyak berkembang bisnis warnet. Bukan hanya itu, malahan hampir di setiap blok rumah pasti ada warnet (warung internet). Bisnis warnet memang sangat membantu banyak orang, sebab orang yang tidak menggunakkan internet di rumahnya, bisa ke warnet. Bisnis Warnet tidak hanya menyediakan jasa internet, tapi ada juga yang menyediakan jasa game online, browsing, download aplikasi di internet dan masih banyak lagi. Pengguna warnet bukan hanya orang dewasa, namun anak-anak kecil pun sudah banyak yang menggunakkan jasa internet. Maka dari itu bisnis warnet menjamur dimana-mana.

1.2 Rumusan Masalah  
  • Apakah banyak orang yang ingin membuka usaha/bisnis warnet ?
  • Kapan waktu yang tepat untuk membuka usaha/bisnis warnet ? 
  • Dimana lokasi yang strategis untuk membuka usaha/bisnis warnet ?
  • Siapa saja yang berminat untuk membuka bisnis warnet ?
  • Mengapa banyak orang yang berminat untuk membuka bisnis warnet ?
  • Bagaimana cara untuk membuka bisnis warnet ?
1.3 Tujuan
  • Mengetahui minta masyarakat untuk berbisnis warnet. 
  • Mengetahui cara untuk berbisnis warnet.
  • Mengetahui berapa keuntungan yang diperoleh dari berbisnis warnet.
1.4 Manfaat

  • Pembisnis warnet diharapkan dapat memahami cara untuk berbisnis warnet dengan baik.
  • Memberikan informasi kepada para pembisnis warnet bahwa banyak manfaat yang dapat diperoleh dari berbisnis warnet, khususnya mafaat ekonomi.
  • Pembisnis warnet bisa memajukkan usaha warnetnya dan mengembangkan usaha warnetnya.

 Bab 2
Pembahasan Materi

2.1 Usaha warnet adalah salah satu bisnis yang menjanjikan untuk beberapa tahun kedepan. Internet sekarang sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia. Dan dapat menunjang kegiatan manusia dalam hal bisnis, pekerjaan, hobby, dan lain-lain. Maka dari itu, bisnis jasa penyedia layanan koneksi internet atau biasa kita sebut warnet. Akan semakin dibutuhkan untuk masa-masa mendatang.
Tapi sebelum kita memulai bisnis warnet ada beberapa langkah-langkah yang harus kita perhatikan untuk menunjang usaha kita tersebut. Langkah pertama yang harus dilakukan: 

1.   Pasar
Kita harus memilih suatu tempat atau lokasi yang memang masih jarang atau sangat dibutuhkan jasa penyedia layanan koneksi internet. Dan kebutuhan internet masih cukup tinggi. Misalkan lokasi yang di dekat atau sekitarnya ada : Perkantoran, Sekolah, Kampus, perkampungan yang jarang jasa penyedia layanan koneksi internet dan lain-lain.

2.    Line Telepon
Ini digunakan untuk memasang koneksi internet. Contohnya: (Speedy) 
3. Daya listrik
Kebutuhan daya listrik untuk bisnis ini tergolong membutuhkan daya listrik tinggi, minimal sekitar 2500 watt ( untuk 8 – 10 komputer ). Carilah informasi ke PLN, tentang prosedur dan harga untuk penambahan daya. Jika point ini sudah terpenuhi, silahkan lanjutkan ke step berikutnya.

4. Pemilihan warnet jenis game atau non-games
Pilihan ini yang menuntut kita untuk terjun langsung ke lapangan, dengan mencari informasi tentang jenis warnet apa yang sekiranya tepat untuk dibuka. Banyak kejadian dimana kita terlalu gegabah memutuskan untuk membuka warnet jenis games di daerah pemukiman padat ( Jakarta ), memang animo peminat cukup tinggi, namun dengan itulah biasanya kita terbentur masalah baru, seperti :
- Larangan orang tua kepada anak-anaknya.
- Masyarakat yang menegur kita, baik secara langsung maupun tidak langsung.
- Kesulitan untuk membuka warnet 24 jam dikarenakan lokasi yang berada di daerah pemukiman.

5. Tingkat Okupansi
Tingkat okupansi yang umum adalah 7 – 9 jam. Di bawah 7 jam maka warnet itu terhitung sepi. Sementara di atas 9 jam warnet tersebut terhitung ramai (sekali). Jarang sekali ada warnet yang memiliki tingkat okupansi di atas 9 jam.

6. Mungkinkah usaha warnet Anda bertahan?
Tentu bisa. Yang menentukan adalah kemampuan manajemen usaha warnet tersebut, apakah bisa bertahan menghadapi persaingan. Persaingan di sini harus dilihat secara general. Saingan warnet bukan cuma warnet tetangganya. ISP juga saingan warnet, sebab ada produk-produk layanan mereka yang bersaingan langsung dengan warnet.
PC/Notebook murah juga saingan warnet. Kombinasi antara PC/Notebook murah dan Produk ISP yang murah atau akses Wifi gratis adalah ancaman yang nyata bagi keberadaan Warnet. Karena itu, dalam membuat usaha warnet harus bisa menempatkan target pasar dan pelayanannya dengan tepat, jika tidak ingin tersingkir dari persaingan. Beberapa faktor yang dapat menentukan persaingan yaitu harga yang murah, suasana yang nyaman (seperti AC) agar konsumen betah berlama lama di warnet, dan  pelayanan yang ramah.

7. Kombinas Usaha
Setelah usaha warnet anda berjalan stabil, anda juga dapat menambahkan usaha lainnya seperti menjual soft drink, menyediakan pelayanan fotocopy, printing, fax atau usaha lainnya yang masih relatif berhubungan dengan peluang bisnis membuka warnet tersebut.

Agar terhindar dari masalah diatas maka lokasi seperti : ruko, kios, lokasi pinggiran jalan raya lah yang tepat.
Berbeda dengan warnet jenis non-games, pilihan ini lebih ‘luwes’ dan fleksible. Karena tujuan kita membangun warnet tersebut memang untuk menyediakan fasilitas layanan internet di sekitar kita, seperti untuk penunjang para pelajar yang sebagian besar memang membutuhkan bahan pelajaran / tugas dari internet, bukan tempat yang hanya digunakan untuk bermain game saja. Tentu ini lebih banyak kandungan nilai positifnya. Banyak warnet jenis non-games yang bisa menjadi besar dan ramai. Adalah service dari warnet itu sendiri yang menunjang, pelayanan yang baik dan yang pasti adalah kecepatan koneksi, kenyamanan ruangan dan masih banyak lagi. Jadi untuk warnet jenis non-games ini kita bisa lebih mudah untuk penentuan lokasinya.
Untuk menunjang hal-hal diatas, kita memerlukan satu paket warnet yang bermutu dan berkualitas. Seperti :
1. Komputer : komputer yang akan kita pilih untuk setiap client haruslah memenuhi persyaratan yang baik, bukannya asal komputer yang penting murah. Komputer yang baik adalah komputer yang compatible dengan aplikasi-aplikasi baru sekarang ini. Komputer yang baik adalah komputer yang fisik dari hardware itu sendiri masih bisa bertahan minimal 4 tahun kedepan. Untuk hal ini, kami sudah memilihkan paket komputer yang memang recomended untuk diterapkan di warnet-warnet.

2. Bilik / Box / Meja Client : Adakalanya kita membutuhkan privacy kita dihormati. Sama halnya dengan warnet, berilah kenyamanan privacy kepada setiap client Anda saat bermain, berilah ruang yang sekiranya mereka bisa nyaman bermain, hingga akhirnya betah berlama-lama bermain. Bukankah ini akan berdampak baik untuk warnet yang kita kelola ?
Namun satu hal perlu diperhatikan, hindari pembuatan box / bilik yang 70% tertutup, hal ini untuk menghindari penyalahgunaan tempat. Dan yang terakhir adalah :

3. Service : service yang baik adalah warnet yang lengkap fasilitasnya. Warnet yang bisa menyediakan minuman dingin, snack, toilet bahkan mushola. Warnet yang menyediakan jasa : printer, scanner, cetak photo dan masih banyak lagi.


2.2 Modal yang dibutuhkan untuk bisnis warnet.Untuk menghitung modal usaha warnet paling tidak untuk biaya gedungnya, komputernya, akses internetnya, dan gaji/upah untuk pegawainya. Hitung-hitungan modal minimal saja, misalnya untuk penyewaan gedung Rp. 500.000/Bulan, untuk beli komputernya misal 5 Buah @Rp. 2.000.000,- = Rp. 10.000.000, untuk koneksi internetnya, saya ambil contoh dari salah satu penyedia layanan Speedy dengan paket Familia Rp. 645.000/Bulan. Dan lain-lain.
apabila kita total untuk modal, kita sudah keluar modal sekitar Rp. 13.000.000,-an.


Bab 3
Penutup


3.1Simpulan
Bahwa untuk menjadi pembisnis warnet yang maju dan berkembang tidak mudah, banyak yang harus diperhatikan, seperti harus adanya modal, manajemen yang baik, pemilihan lokasi yang strategis, dan masih banyak lagi. Pembisnis warnet juga harus menerima resiko, apabila usaha warnetnya gagal/ gulung tikar. Memang usaha warnet menggiurkan, namun apabila kita sebagai pembisnis warnet tidak mempunyai strategi yang baik dalam mengelola usaha warnetnya, maka percuma saja membuka usaha warnet. Pembisnis/pengusaha apapun itu wajib mempunyai sikap yang berani, berani maksudnya disini adalah berani malu, berani rugi, berani mengambil keputusan. Usaha warnet yang sukses akan meningkatkan pendapatan si pengusaha tersebut, serta dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi banyak orang, jadi bisa mengurangi jumlah pengangguran yang semakin banyak. Maka dari itu usaha warnet tidak hanya berdampak negatif, tapi berdampak positif pula.
3.2 Saran
  • Pembisnis warnet harus memperhatikan berbagai hal untuk membuka usaha warnet.
  • Pembisnis warnet harus selektif dalam menentukan usaha warnet apa yang baik untuk dikembangkan.
  • Pembisnis warnet harus mengutamakan kenyamanan dan keamanan para pelanggannya.
  • Tempat usaha warnet sebaiknya disisipkan kamera CCTV agar para pelanggan warnet tidak melakukan hal-hal yang melanggar nilai dan norma masyarakat.
  • Jangan mudah tergiur oleh agen-agen yang tidak jelas, yang menawarkan bisnis warnet.
Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar